Rabu, 02 Juni 2010

XL Dukung "BlackBerry" Hadir di Nokia

Berbicara ponsel pintar di Indonesia, hanya dua merek yang selalu disebut-sebut dan seru diperbincangkan, yaitu Nokia dan BlackBerry. Menyusul, iPhone dan sejumlah ponsel Android belakangan ini.

Namun, minat pasar yang tinggi terhadap BlackBerry dewasa ini memang tidak bisa dipungkiri. Layanan pushmail, kompresi e-mail, hingga BlackBerry Messenger pada perangkat milik Research In Motion ini mempunyai daya tarik tersendiri bagi penggunanya.

Sebetulnya, Nokia pun juga telah menghadirkan layanan serupa BlackBerry Internet Service (BIS) sejak dua tahun lalu, yakni melalui OVI mail dan OVI chat. Namun, untuk tarif relatif lebih mahal jika pemakaiannya aktif.

Sebab itu, PT XL Axiata Tbk menghadirkan Paket Nokia Messaging. Sesuai dengan namanya, layanan ini berlaku bagi pengguna ponsel Nokia berbagai tipe. Layanan chatting yang bisa diakses pelanggan termasuk Yahoo Messenger, MSN messenger, serta Gtalk.

"Untuk push mail, pelanggan bisa mengakses ke Gmail, Yahoo!Mail, Hotmail, serta OVI Mail. Di sini, pelanggan bisa menggunakan hingga 10 akun email. Untuk social media yang bisa diakses adalah Facebook dan Twitter," kata Head of Marketing Mobile Data Services XL, Budi Harjono, di Jakarta, Selasa 1 Juni 2010.

Cara untuk mendapatkan layanan Nokia Messaging adalah pelanggan XL bisa mengakses lewat *123# lalu pilih Internet&Blackberry lalu pilih Paket Nokia Messaging.

"Sebelumnya, pelanggan harus memastikan dulu layanan XL GPRS aktif dengan cara kirim SMS ke 9667," jelas Budi. Sedangkan, cara untuk berhenti berlangganan adalah dengan mengakses *123# atau kirim SMS ke 868 ketik UNREG.

Perlu diketahui, layanan XL Nokia Messaging tidak berlaku bagi pelanggan yang sudah berlangganan paket Blackberry atau paket Internet Volume Based.

Berbicara biaya, tarif berlangganan yang dikenakan adalah tarif sepuasnya untuk email, chatting, dan jejaring sosial. Sedangkan, untuk browsing ke Internet pelanggan akan dikenakan tarif volume base, yang terdiri dari paket harian, mingguan, dan bulanan.

"Untuk paket tarif harian, sementara ada dua paket, yaitu Rp 500 per hari selama masa promo hingga 30 Juni 2010, dan Rp 2.000 per hari untuk paket harian reguler, termasuk gratis 1MB untuk browsing Internet," papar Budi.

Selain paket harian, XL juga menghadirkan paket mingguan bertarif Rp 10.000 per tujuh hari, plus gratis browsing 5MB. Sedangkan, paket bulanan dikenakan tarif Rp 30.000 untuk 30 hari, termasuk gratis internet hingga 15MB.

Untuk setiap kelebihan akses data pada setiap paket, menurut Budi, juga akan dikenakan tarif Rp 3/KB. "Pada layanan ini, berlaku kebijakan Fair Usage Policy (FUP), di mana FUP kecepatan akan berubah dari 3,6 Mbps (sharing) menjadi 64 kbps setelah melampaui kuota," ungkapnya.

Pada kuartal I-2010, XL mengumumkan jumlah pengguna layanan GPRS di jaringannya mencapai 12,4 juta dengan ARPU (average revenue per user) sekitar Rp 35.000.


SUMBER : VIVANEWS.COM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar