Rabu, 02 Juni 2010

Komputasi Awan HDS Bidik Pasar Seluler

Jika biasanya solusi komputasi awan (cloud computing) diadopsi oleh segmen korporasi, kini Hitachi Data System (HDS) memboyongnya ke pasar ritel seiring operator telekomunikasi mengoptimalkan server yang dimilikinya.

"Selama ini cloud computing banyak diadopsi oleh segmen perusahaan. Namun, semakin besarnya kesadaran pengguna akan keamanan data, segmennya pun meluas ke segmen ritel," kata Indra Wildan Nugraha, senior solutions consultant HDS di Jakarta, dalam keterangannya, Kamis 3 Juni 2010.

Cloud computing adalah solusi ICT (information & information technology) melalui mekanisme komputasi awan yang memungkinkan user menggunakan ataupun menyewa layanan ICT, sedangkan pengelolaan infrastruktur, platform, maupun aplikasi IT services dilakukan oleh provider.

Untuk memulai komputasi awan bagi pasar ritel, menurut Indra, HDS berencana menawarkan paket server terpadu tahun depan. "Sistem ini menawarkan unified compute platform (platform komputasi terpadu). Ini yang pertama di dunia. Kami akan menyasar tiga pemain besar di selular," jelasnya.

Pada kesempatan lain, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk baru-baru ini mengaku telah mengadopsi solusi cloud computing. Direktur Teknologi Informasi & Supply Telkom, Indra Utoyo, menjelaskan, cloud computing bisa menjadi penyelamat bagi operator agar tidak menjadi hanya pipa pengantar data.

"Salah satu contohnya dapat dilihat dari aplikasi Enterprise Resources Planning (ERP) Bonastoco yang menawarkan kerja sama baik antara penyedia software dan operator," ungkapnya.

Bonastoco adalah sebuah perangkat ERP untuk memudahkan perusahaan berkomunikasi dan berbagi informasi antara staf, pelanggan, serta suplier yang meliputi modul inventory dan akunting.

"Kami menjual aplikasi itu ke pengusaha kecil dengan harga Rp 265 ribu beserta paket akses internet Speedy," kata Indra Utoyo. "Harga aplikasinya sendiri sekitar Rp 70 ribu di mana ada sharing revenue 75 persen bagi pemilik aplikasi, dan 25 persen lainnya untuk Telkom. Ini kerja sama yang menguntungkan," tandasnya.

SUMBER : VIVANEWS.COM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar