Jumat, 19 Februari 2010

Tentang ekonomi



Setiap manusia ingin mempelajari ilmu ekonomi.manusia mempelajari ilmu ekonomi dengan berbagai banyak alasan,karena ingin mengeruk uang lebih banyak lagi melalui pengetahuannya tentang ekonomi,ilmu ekonomi merupakan titik pusat dari segala ilmu sosial, dan banyak lagi alasan lainnya yang tentunya bisa berbeda tiap orang.

Sepanjang hidup, kita akan selalu berpapasan dengan ilmu ekonomi. Pengertian mengenai inflasi, pengangguran ataupun proteksionisme ekonomi suatu negara, tidak akan sepenuhnya bisa dimengerti bila kita belum menguasai dasar-dasar ilmu. Pada debat di berbagai lingkup masyarakat, yang menjadi pokok masalah selalu adalah masalah ekonomi.

Pada dahulu orang sering mendefinisikan ilmu ekonomi yang mudah di mengerti seperti :

- Ilmu ekonomi adalah suatu studi mengenai kegiatan-kegiatan yang menyangkut produksi dan transaksi diantara banyak orang.


- Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari bagaimana orang memilih menggunakan sumber daya produksi yang langka atau terbatas untuk memproduksi berbagai komoditi dan menyalurkannya ke berbagai anggota masyarakat untuk segera dikonsumsi.


- Ilmu ekonomi adalah suatu studi mengenai perilaku manusia dalam mengusahakan dan mengatur kegiatan konsumsi dan produksinya.

Para pakar ekonomi sepakat dan mendefinisikan ilmu ekonomi sebagai berikut:

“Ilmu ekonomi merupakan suatu studi tentang perilaku orang dan masyarakat dalam memilih cara menggunakan sumber daya yang langka dan memiliki beberapa alternatif penggunaan, dalam rangka memproduksi berbagai komoditi, untuk kemudian menyalurkannya – baik saat ini maupun di masa depan – kepada berbagai individu dan kelompok yang ada dalam suatu masyarakat.”

Kesimpulan nya adalah ilmu ekonomi sangat penting di kehidupan masyarakat,karena dengan memahami dan mengerti ilmu ekonomi kita dapat memanfaatkan sumber daya yang ada dengan efisien untuk memenuhi kebutuhan manusia yang terus bertambah.

SUMBER : http://catatan-ekonomi.blogspot.com/2009/07/mengapa-ilmu-ekonomi-perlu-untuk.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar