Rabu, 31 Maret 2010

Google Sinyalir Serangan Berhubungan dengan China

INILAH.COM, Jakarta- Google mengidentifikasi adanya serangan cyber untuk membungkam oposisi pada pemerintah Vietnam menyangkut proyek penambangan bauksit yang melibatkan perusahaan utama China.

Perusahaan keamanan komputer McAfee telah mendeteksi adanya malware yang dibuat oleh pihak yang memiliki hubungan dengan pemerintahan Republik Sosialis Vietnam.

Pihak dalam negeri Vietnam tidak memberikan komentar menyangkut laporan itu.

“Program jahat ini secara potensial menginfeksi 10 ribuan pengguna yang mengunduh program yang dikira perangkat lunak keyboard Vietnam, dan juga perangkat lunak lain,” ujar Neel Mehta dari tim keamanan Google.

Mesin yang terinfeksi itu digunakan untuk memata-matai pemiliknya serta berpartisipasi dalam distributed denial od service (DDoS) yang menyerang blog berisi pesan politis,” kata Mehtai. Serangan DDoS menyebabkan website tidak dapat diakses.

“Secara spesifik, serangan ini mencoba untuk menindas pihak oposisi yang menentang rencana penambangan bauksit di Vietnam, isu paling penting dan emosional di negara tersebut”.

Di China, beberapa jurnalis mengatakan bahwa akun email Yahoo serta beberapa pengguna yang memiliki hubungan kerja dengan China telah diserang minggu ini.

Januari lalu, Google menyebut adanya serangan pada akun Gmail milik aktivis HAM dan jurnalis.[ito]

http://inilah.com/news/read/teknologi/2010/03/31/432321/google-sinyalir-serangan-berhubungan-dengan-china/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar